PERBEDAAN LAJU PERTUMBUHAN KEPITING BAKAU (Scylla serrata) BERDASARKAN JENIS KELAMIN DALAM USAHA PEMBESARAN KEPITING SOKA

0717021026, YU WIDHYASTUTI (2015) PERBEDAAN LAJU PERTUMBUHAN KEPITING BAKAU (Scylla serrata) BERDASARKAN JENIS KELAMIN DALAM USAHA PEMBESARAN KEPITING SOKA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
0717021026-ABSTRAK.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0717021026-kesimpulan.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0717021026-pendahuluan.pdf

Download (45Kb) | Preview

Abstrak

Kepiting bakau (Scylla serrata) adalah salah satu jenis komoditas perikanan yang potensial untuk dikembangkan, karena selain mempunyai rasa yang enak, kepiting juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Peningkatan permintaan masyarakat terhadap produk kepiting ini cukup besar, sehingga memberi peluang bagi pengembangan komoditas ini secara lebih serius dan komersial. Salah satu cara peningkatan nilai produksi dari kepiting bakau adalah menjadikan biota tersebut sebagai hewan yang bercangkang lunak (kepiting soka). Kerang adalah salah satu makanan alami kepiting bakau yang memiliki protein yang tinggi, sehingga pakan kerang dapat digunakan dalam usaha budidaya kepiting soka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan laju pertumbuhan kepiting bakau antara jantan dan betina dalam pembesaran kepiting soka yang dipelihara pada lahan bekas tambak. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Oktober 2010 sampai Januari 2011 di lahan bekas tambak desa Sidodadi kecamatan Padang Cermin Pesawaran dan Laboratorium Kualitas Air Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut Lampung. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu RAL dengan 6 kali ulangan, dan sub sampel sebagai ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah individu jantan dan betina yaitu dengan membandingkan laju pertumbuhan kepiting jantan dan betina yang dipelihara dalam keranjang soliter. Parameter yang diukur pada penelitian ini yaitu panjang karapas, lebar karapas, berat tubuh, kelulusan hidup, waktu molting kepiting bakau dan kualitas air. Pengukuran laju pertumbuhan kepiting bakau berupa pertambahan berat tubuh, panjang dan lebar karapas dihitung dengan cara data akhir penelitian (setelah molting) dikurangi dengan data awal penelitian (saat penebaran). Data yang diperoleh akan di analisis dengan uji T pada = 0,05.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 22 Dec 2015 05:26
Last Modified: 22 Dec 2015 05:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16063

Actions (login required)

View Item View Item