ALTERNATIF PEMBESARAN KEPITING BAKAU (Scylla serrata) PADA KAWASAN BEKAS TAMBAK DI DESA SIDODADI KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN

0717021069, TRIA KARUNIA PUTRI (2015) ALTERNATIF PEMBESARAN KEPITING BAKAU (Scylla serrata) PADA KAWASAN BEKAS TAMBAK DI DESA SIDODADI KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
0717021069-Abstrak.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0717021069-kesimpulan.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0717021069-pendahuluan.pdf

Download (19Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pembesaran kepiting bakau (Scylla serrata) cangkang lunak telah dilakukan pada lahan bekas tambak di kawasan bekas tambak desa Sidodadi Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecepatan molting pada kepiting bakau jantan dan betina, memanfaatkan lahan bekas tambak sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pembesaran kepiting bakau cangkang lunak serta memanfaatkan kemelimpahan ikan rucah sebagai pakan kepiting. Dalam penelitian ini digunakan 6 ekor kepiting betina dan 6 ekor kepiting jantan yang memiliki berat tubuh 80-200 gram. Masing-masing kepiting dipelihara dalam keranjang soliter. Sebelum pemeliharaan, dilakukan perbaikan ekologis dasar tanah tambak terlebih dahulu sehingga kualitas air tambak memenuhi syarat untuk kehidupan biota akuatik termasuk kepiting bakau. Selama pemeliharaan kepiting bakau diberi pakan ikan rucah (ikan kuniran) sebanyak dua kali dalam sehari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepiting dapat tumbuh dengan baik selama pemeliharaan, ditandai dengan kepiting mengalami molting, bertambahnya ukuran berat tubuh, panjang dan lebar karapas serta kelulushidupan mencapai 100 %. perbedaan jenis kelamin tidak menunjukkan hasil yang berbeda nyata terhadap waktu molting, pertambahan berat badan dan lebar karapas kepiting bakau. Sedangkan untuk pertambahan panjang karapas menunjukkan hasil yang berbeda nyata.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Dec 2015 05:26
Terakhir diubah: 22 Dec 2015 05:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16066

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir