Angga Arbiyanto, 1113022007 (2015) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF MATERI PEMBIASAN CAHAYA DENGAN STRATEGI INKUIRI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (203Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (253Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (90Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkembangan teknologi yang ada pada saat ini belum dimaksimalkan oleh pelaku pendidikan untuk mendukung pembelajaran khususnya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fenomena-fenomena IPA yang tidak dapat disajikan secara langsung seharusnya dapat dikemas secara sederhana dan interaktif dengan bantuan teknologi. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa ketertariakan siswa terhadap pembelajaran berbasis TIK cukup tinggi. Tujuan penelitian ini untuk (1) membuat Modul Interaktif berbasis TIK Materi Pembiasan Cahaya dengan Strategi Inkuiri, (2) mengungkapkan keefisienaan Modul Interaktif berbasis TIK Materi Pembiasan Cahaya dengan Strategi Inkuiri di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo yang dikembangkan sebagai suatu sumber belajar, dan (3) mengungkap keefektifan Modul Interaktif berbasis TIK Materi Pembiasan Cahaya dengan Strategi Inkuiri di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo yang dikembangkan sebagai suatu sumber belajar. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Populasi penelitian Angga Arbiyanto adalah seluruh siswa kelas VIII pada semester ganjil dengan jumlah 29 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah modul interaktif yang dikembangkan dikategorikan menarik dengan perolehan skor 3,10, modul interaktif yang dikembangkan mudah digunakan dengan perolehan skor 3,07, modul interaktif yang dikembangkan bermanfaat dengan perolehan skor 3,07, dan modul interaktif yang dikembangkan efektif sebagai suatu sumber belajar dilihat dari hasil belajar siswa lebih dari 75% siswa telah tuntas KKM, yaitu 82,76% dari jumlah seluruh siswa sebanyak 29 siswa dengan nilai tertinggi 87,50 dan nilai terendah 62,50. Kelebihan dari modul interaktif yang dikembangkan adalah format modul merupakan output program Microsoft Power Point 2007 dengan format .pptx yang telah umum digunakan sehingga dapat langsung diputar pada laptop atau komputer manapun, sajiannya yang interaktif, dan menampilkan fenomena-fenomena fisika yang sulit untuk diamati secara langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul interaktif yang dikembangkan efektif sebagai suatu sumber belajar pada kurikulum 2013 dengan strategi Inkuiri. Kata kunci: inkuiri, modul, pengembangan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 8174699 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Dec 2015 07:06 |
Terakhir diubah: | 23 Dec 2015 07:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16150 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |