PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF MATERI PEMBIASAN CAHAYA DENGAN STRATEGI INKUIRI

Angga Arbiyanto, 1113022007 (2015) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF MATERI PEMBIASAN CAHAYA DENGAN STRATEGI INKUIRI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (203Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak

Perkembangan teknologi yang ada pada saat ini belum dimaksimalkan oleh pelaku pendidikan untuk mendukung pembelajaran khususnya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fenomena-fenomena IPA yang tidak dapat disajikan secara langsung seharusnya dapat dikemas secara sederhana dan interaktif dengan bantuan teknologi. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa ketertariakan siswa terhadap pembelajaran berbasis TIK cukup tinggi. Tujuan penelitian ini untuk (1) membuat Modul Interaktif berbasis TIK Materi Pembiasan Cahaya dengan Strategi Inkuiri, (2) mengungkapkan keefisienaan Modul Interaktif berbasis TIK Materi Pembiasan Cahaya dengan Strategi Inkuiri di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo yang dikembangkan sebagai suatu sumber belajar, dan (3) mengungkap keefektifan Modul Interaktif berbasis TIK Materi Pembiasan Cahaya dengan Strategi Inkuiri di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo yang dikembangkan sebagai suatu sumber belajar. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Populasi penelitian Angga Arbiyanto adalah seluruh siswa kelas VIII pada semester ganjil dengan jumlah 29 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah modul interaktif yang dikembangkan dikategorikan menarik dengan perolehan skor 3,10, modul interaktif yang dikembangkan mudah digunakan dengan perolehan skor 3,07, modul interaktif yang dikembangkan bermanfaat dengan perolehan skor 3,07, dan modul interaktif yang dikembangkan efektif sebagai suatu sumber belajar dilihat dari hasil belajar siswa lebih dari 75% siswa telah tuntas KKM, yaitu 82,76% dari jumlah seluruh siswa sebanyak 29 siswa dengan nilai tertinggi 87,50 dan nilai terendah 62,50. Kelebihan dari modul interaktif yang dikembangkan adalah format modul merupakan output program Microsoft Power Point 2007 dengan format .pptx yang telah umum digunakan sehingga dapat langsung diputar pada laptop atau komputer manapun, sajiannya yang interaktif, dan menampilkan fenomena-fenomena fisika yang sulit untuk diamati secara langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul interaktif yang dikembangkan efektif sebagai suatu sumber belajar pada kurikulum 2013 dengan strategi Inkuiri. Kata kunci: inkuiri, modul, pengembangan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 8174699 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2015 07:06
Last Modified: 23 Dec 2015 07:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16150

Actions (login required)

View Item View Item