Andika Prasetya, 1113022069 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN OTENTIK TES TERTULIS BENTUK PILIHAN JAMAK BERALASAN PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA DENGAN SCIENTIFIC APPROACH. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (217Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (241Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (223Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (311Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (261Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (401Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pada proses pembelajaran di kelas, guru sering menggunakan tes tertulis bentuk pilihan jamak untuk menilai kemampuan kognitif siswa. Tes tertulis bentuk pilihan jamak tidak mampu membedakan siswa yang menjawab karena ia memahami materi dengan siswa yang menjawab asal-asalan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan asesmen otentik tes tertulis bentuk pilihan jamak beralasan pada IPA Fisika dengan scientific approach, mendiskripsikan kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan produk. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan yang didahului penelitian pendahuluan, diawali dengan analisis kebutuhan, merumuskan tujuan penelitian, serta mendesain produk yang menghasilkan prototipe I, Prototipe I kemudian dievaluasi oleh ahli materi, dilanjutkan dengan uji satu lawan satu dan direvisi menjadi prototipe II. Sebelum dihasilkan produk final, terlebih dahulu produk diuji di lapangan. Uji lapangan dilakukan di SMPN 2 Bandar Lampung, SMPN 8 Bandar Lampung, SMPN 28 Bandar Lampung, SMP Ar-Raihan Bandar Andika Prasetya iv Lampung, SMP Gajah Mada Bandar Lampung, dan SMP Kartika 2 Bandar Lampung. Hasil uji lapangan menunjuk bahwa asesmen otentik yang dikembangkan memiliki persentase kesesuaian sebesar 82,50% (sangat sesuai), persentase kemudahanan sebesar 87,50% (sangat mudah), persentase kemanfaatan sebesar 89,00% (sangat manfaat). Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah asesmen otentik tes tertulis bentuk pilihan jamak beralasan yang dikembangkan sudah layak sebagai asesmen dalam proses pembelajaran dengan scientific approach. Kata kunci: asesmen otentik tertulis bentuk pilihan jamak beralasan, IPA Fisika, penelitian pengembangan, scientific approach.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2146482 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Dec 2015 08:15 |
Terakhir diubah: | 23 Dec 2015 08:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16174 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |