PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY-INQUIRY DENGAN MODIFIED FREE DISCOVERY-INQUIRY DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI KELAS XI SMAN 5 KOTA METRO

0853022024, Huma Iroh Ratu Ayu (2012) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY-INQUIRY DENGAN MODIFIED FREE DISCOVERY-INQUIRY DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI KELAS XI SMAN 5 KOTA METRO. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Mengesahkan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Riwayat hidup.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Motto.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab I.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab II.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab III.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (274Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab V.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru menggunakan metode ceramah sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas. Sehingga kemampuan berpikir kritis siswa tidak berkembang. Pada penelitian ini membandingkan strategi pembelajaran Guided Discovery-Inquiry dengan Modified Free Discovery-Inquiry serta kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis yang disebabkan oleh perbedaan strategi pembelajaran (Guided Discovery- Inquiry dengan Modified Free Discovery-Inquiry); (2) perbedaan kemampuan berpikir kritis yang disebabkan oleh kemampuan awal siswa; (3) interaksi antara strategi Guided Discovery-Inquiry dan Modified Free Discovery-Inquiry dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMAN 5 Kota Metro. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA pada semester genap sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas yang menggunakan strategi Guided Discovery-Inquiry dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kelas yang menggunakan strategi Modified Free Discovery-Inquiry. Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain factorial 2x3 yang merupakan modifikasi dari quasi experimental design. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Guided Discovery-Inquiry dengan Modified Free Discovery- Inquiry. Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis pada kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Guided Discovery-Inquiry memiliki perbedaan yang tidak signifikan dengan kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Modified Free Discovery-Inquiry. Dengan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis pada kelas Guided Discovery-Inquiry 70,45 sedangkan pada kelas Modified Free Discovery- Inquiry 66,35. Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang disebabkan oleh kemampuan awal siswa, dan Tidak terdapat interaksi antara strategi Guided Discovery-Inquiry dan Modified Free Discovery-Inquiry dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: TIK . 6
Date Deposited: 29 Dec 2015 03:45
Terakhir diubah: 29 Dec 2015 03:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16195

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir