0513023047, Siti Komariah (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT PADA MATERI IKATAN KIMIA, TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI SEDERHANA(PTK PADA SISWA KELAS X2 SMA BUDAYA BANDAR LAMPUNG TP 2010 - 2011). Digital Library.
|
File PDF
COVER.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Motto.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (80Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di SMA Budaya Bandar Lampung, diperoleh data rata-rata nilai penguasaan konsep pada materi pokok ikatan kimia, tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas Xsemester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 adalah 56,6 dan siswa yang memperoleh nilai 60 hanya 40%. Nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 100% siswa yang telah mencapai nilai 60. Aktivitas on task siswa selama pembelajaran masih rendah. Upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep pada materi ini dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif teknik NHT. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan persentase: (1) setiap jenis aktivitas on task, (2) rata-rata penguasaan konsep, dan (3)ketuntasan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke Siklus III secara berurutan: (1) rata-rata setiap jenis aktivitas on task siswa untuk aktivitas (i)bertanya pada guru sebesar 14,17% dan 7,5%; (ii) mengemukakan pendapat sebesar 8,75% dan 10%; (iii)menjawab pertanyaan dari guru sebesar 10% dan 16,75%; dan (iv)aktif dalam diskusi kelompok sebesar 11,92% dan 6,25%; (2) rata-rata penguasaan konsep kimia siswa sebesar 5,83% dan 17,42%; dan (3) jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 10,25% dan 7,60%. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep pada materi ikatan kimia, tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 03:45 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 03:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16205 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |