PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

0543023029, Siti Saudah PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Digital Library.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (542Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi kimia SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa rata-rata nilai penguasaan konsep pada materi hukum-hukum dasar kimia siswa kelas X5– X8 Tahun Pelajaran 2009/2010 masih rendah yaitu rata-rata nilai sebesar 59,04, dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 71 hanya 42,8%, belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan sekolah, yaitu 100% siswa mencapai nilai ≥ 71. Aktivitas yang relevan dalam pembelajaran masih rendah, hal ini berpengaruh pada penguasaan konsep siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan akti-vitas dan penguasaan konsep pada materi tersebut adalah model pembelajaran Learning Cycle 3 E (LC 3E) yang terdiri dari : eksplorasi (exploration); fase penjelasan (explaination); dan fase penerapan konsep (elaboration). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persentase peningkatan: (1)aktivi-tas belajar, (2)penguasaan konsep, (3)siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan pembelajaran Learning Cycle 3 E (LC 3E). Data penelitian terdiri dari data hasil kinerja guru dan data aktivitas siswa yaitu aktivitas: mengerjakan LKS, bertanya kepada guru, menjawab pertanyaan dari guru, dan memberi pendapat. Data penguasaan konsep siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi persentase peningkatan: (1)setiap je-nis aktivitas on task, dari siklus I ke II adalah mengerjakan LKS 13,6%, bertanya kepada guru 11,3%, menjawab pertanyaan dari guru 8%, memberikan pendapat 6,8%, (2)rata- rata penguasaan konsep pada materi hukum-hukum dasar kimia dari siklus I ke II sebesar 8,4%, (3)ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke II sebesar 25%.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: TIK . 6
Date Deposited: 29 Dec 2015 03:44
Last Modified: 29 Dec 2015 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16207

Actions (login required)

View Item View Item