PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP (PTK Pada Siswa Kelas X2 HIDROKARBONSMA Persada Bandar Lampung TP 2010-2011)

0643023030, Rise Novera Adri PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP (PTK Pada Siswa Kelas X2 HIDROKARBONSMA Persada Bandar Lampung TP 2010-2011). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (110Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia di SMA Persada Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)yang ditetapkan pada Tahun Pelajaran 2009-2010 adalah 100% siswa mencapai nilai ≥ 65, namun siswa yang mendapat nilai ≥ 65 hanya 35%. Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa kelas X2 pada materi pokok hidrokarbon 2009-2010 yaitu 61. Aktivitas yang relevan dalam pembelajaran (on task) seperti aktif mengemukakan pendapat, aktif bertanya, aktif menjawab pertanyaan dan aktif dalam diskusi masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterap- kan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep pada materi tersebut adalah pembelajaran penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran penemuan terbimbing dalam meningkatkan persentase rata-rata (1) setiap jenis aktivitas on task, (2)penguasaan konsep dan, (3)ketuntasan belajar pada konsep hidrokarbon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X2 SMA Persada Bandar Lampung yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase rata-rata (1)setiap jenis aktivitas on task siswa, dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III adalah sebagai berikut: (a)aktif mengemukakan pendapat sebesar 12,86% dan 11,33%; (b)aktif dalam diskusi sebesar 12,86% dan 12,85%; (c)aktif bertanya sebesar 18,59% dan 14,29%; (d)aktif menjawab pertanyaan sebesar 5,72% dan 7,14%; (2)penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebe- sar 12,60%, dari siklus II ke siklus III sebesar 11,08%; dan (3)ketuntasan bela- jar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,00%, dari siklus II ke siklus III sebe- sar 14,28%. Indikator kinerja tercapai sejak siklus I ke siklus II.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: TIK . 6
Date Deposited: 29 Dec 2015 03:44
Terakhir diubah: 29 Dec 2015 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16214

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir