0813053007 , Edo Dwi Cahyo (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA REALIA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 08 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER dlm.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Luar.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3481b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Motto.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Sanwacana.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (265Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (550Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 08 Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan media realia di kelas IV SDN 08 Metro Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui tiga siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes essay. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media realia pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 08 Metro Selatan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (56,25%) siklus II (67,92%) dan siklus III (85,11%) dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,67% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 17,19%. Sementara rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (68,70), siklus II (75,03), dan siklus III (81,07) dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,33 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 6,04. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, media realia
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 03:42 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 03:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16262 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |