0813053008, Risayati (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VA SDN 02 METRO SELATAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
B. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
B. DAFTAR ISI.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
B. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
B. DAFTAR TABEL.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
D. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (233Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (314Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (734Kb) |
||
|
File PDF
bab 1.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 5.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER 2.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (3816b) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (119Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata 40 pada mata pelajaran PKn di kelas VA SDN 02 Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model cooperative learning tipe snowball throwing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrument aktivitas siswa, lembar instrument kinerja guru, dan lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk mengukur aktivitas siswa dan kinerja guru sedangkan data kuantitatif digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe snowball throwing pada mata pelajaran PKn kelas VA SDN 02 Metro Selatan berdampak pada peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (50%) dengan kategori “Kurang” meningkat sebesar 25,14% pada siklus II menjadi (75,14%) dengan kategori “Baik” dan terjadi peningkatan sebesar 17,15% pada siklus III menjadi (92,79%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (54,17) meningkat sebesar 16,39 pada siklus II menjadi (70,56) dan terjadi peningkatan sebesar 21,94 pada siklus III menjadi (92,5). Kata Kunci: model cooperative learning tipe snowball throwing, aktivitas dan hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 03:43 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 03:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16267 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |