PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

, MERAWATI (2012) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img] Text
Isi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (793Kb)
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (404Kb)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan survey. Populasi penelitian ini berjumlah 197 siswa dengan jumlah sampel berdasarkan pada rumus T. Yamane sebanyak 132 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Data diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner kepada sampel. Pengujian hipotesis satu dan dua menggunakan Regresi sedangkan untuk uji hipotesis ketiga menggunakan statistik F. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel atau 7,136 >1,9600. 2. Ada pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel atau 6,474 > 1,9600. 3. Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji F yang menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel atau 34,553 > 3,035. ii

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 20 May 2014 01:24
Last Modified: 20 May 2014 01:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item View Item