Susi Susanti, 0853024052 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa SMP Kelas VIII SMPN 5 Tulang Bawang Tengah Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (Tidak diterbitkan)
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (551Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru bidang studi biologi di SMPN 5 Tulang Bawang Tengah, kabupaten Tulang Bawang Barat khususnya kelas VIII, menunjukkan bahwa pelajaran biologi dianggap sebagai pelajaran yang sulit, siswa kurang mengetahui dan memahami manfaat ilmu biologi secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penyampaian materi oleh guru dilakukan dengan metode ceramah. Metode pembelajaran tersebut membuat siswa kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Desain penelitian pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIa dan VIIIb yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa yaitu rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi (eksperimen = 53.14; kontrol = 20.90). Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek yaitu kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan pendapat kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi (eksperimen = 75; kontrol = 54.5). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif NHT, aktivitas belajar, hasil belajar, Pertumbuhan dan Perkembangan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2744061 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 06:57 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 06:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16298 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |