Ani Aminah, 1013024024 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3D ANOTRUS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Tidak diterbitkan)
|
File PDF
ABSTRAK .pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP .pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA .pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II .pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III .pdf Download (263Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV .pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (506Kb) |
||
|
File PDF
BAB V .pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA kelas VIII SMP N 1 Merbau Mataram menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah penggunaan multimedia interaktif, salah satunya adalah media 3D Anotrus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media 3D Anotrus dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa data skor aktivitas belajar yang diperoleh dari lembar observasi serta tanggapan siswa yang diperoleh dari angket, kemudian dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest dan postest yang dianalisis menggunakan uji t dan nilai rata-rata N-gain yang dianalisis menggunakan uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingakan siswa kelas control. Rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dalam aspek berdiskusi dalam kelompok, menjawab pertanyaan, dan menanggapi/memperkaya gagasan orang lain yang diamati pada kelas eksperimen yakni 78,26 yang berkriteria tinggi. Sedangkan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam aspek yang diamati pada kelas kontrol lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen yakni 66,33 yang berkriteria sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 71,85 dan kelas kontrol sebesar 54,48. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media 3D Anotrus pada proses pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media 3D Anotrus berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia. Kata kunci : media 3D Anotrus, aktivitas belajar, hasil belajar, sistem gerak pada manusia
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 7196515 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 06:57 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 06:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16300 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |