TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN TINGKAT PERTAMA (STUDI PADA PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON, BANDAR LAMPUNG)

Barus Sanfransisco, 0816041045 (2015) TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN TINGKAT PERTAMA (STUDI PADA PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON, BANDAR LAMPUNG). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1 - Abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2 - Abstrak-Bahasa Inggris.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3 - Cover dalam.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4 - Hlm. Persetujuan.pdf

Download (2731Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5 - Hlm. Pengesahan.pdf

Download (2987Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6 - Pernyataan.pdf

Download (2066Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7 - Riwayat Hidup.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8 - Persembahan.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9 - Motto.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10 - Sanwacana.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11 - Daftar Isi.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12 - Daftar Tabel.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13 - Daftar Gambar.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14 - Bab 1.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
15 - Bab 2.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
16 - Bab 3.pdf

Download (382Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
17 - Bab 4.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img] File PDF
18 - Bab 5.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (439Kb)
[img]
Preview
File PDF
19 - Bab 6.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
20 - Daftar Pustaka.pdf

Download (87Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Bahasa Indonesia TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN TINGKAT PERTAMA (STUDI PADA PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON, BANDAR LAMPUNG) Seiring munculnya perubahan paradigma administrasi negara muncul juga tuntutan dari masyarakat terhadap instasnsi pemerintah agar memberikan pelayanan yang lebih baik. Permasalahan yang terjadi ialah seputar lemahnya standar pelayanan publik atau standar pelayanan publik yang belum berjalan secara konsisten pada instansi-instansi pemerintahan sehingga memberi kekecewaan kepada masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kepuasan masyaraka peserta peserta BPJS terhadap pelayanan tingkat I yang diberikan oleh Puskesmas Rawat Inap Kedaton, Bandar Lampung. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat peserta BPJS terhadap pelayanan tingkat pertama di Puskesmas rawat inap Kedaton, Bandar Lampung. Tipe penelitian yang diterapkan adalah penelitian tipe survei deskriptif dengan pendekatan kuatitatif, dimana penelitiannya menjelaskan tentang fenomena social yang terjadi. Sampel diperoleh dengan menggunakan metode accidental sampling yaitu metode pengambilan sampel secara kebetulan yang dianggap memenuhi syarat penlitian. Dalam analisis data penelitian digunakan metode importance performance analysis, analisis ini menggunakan pengolahan data tabulasi. Dari hasil penelitian data dibagi menjadi beberapa variable dan dari hasil survei serta perhitungan yang dilakukan maka besarnya nilai pengaruh tersebut didapatkan dari perhitungan program SPSS (Statistic Program for Social Sciences), dimana besarnya nilai pengaruh variabel X dan Y atau nilai rxy = adalah 0.227 atau 22.7%. Artinya pelayanan tingkat pertama yang diberikan memiliki hubungan yang rendah dengan nilai 0.227 atau 22.7% terhadap kepuasan pasien pengguna layanan BPJS, sedang atau dalam kategori cukup. Para peserta BPJS suah merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak Puskesmas Rawat Inap Kedaton, Bandar Lampung. Saran yang diberikan kepada pelaksana pelayanan dalam hal ini Puskesmas Rawat Inap kedaton, adalah dengan menjaga konsistensi dari standar pelayanan tingkat pertama yang diberikan oleh pihak Puskesmas kepada masyarakat dan bila perlu ada peningkatan dari standar-standar tersebut agar masyarakat merasa enar-benar diperhatikan. Kata Kunci: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Tingkat I Abstrak Bahasa Inggris ABSTRACT THE PUBLIC SATISFACTION LEVEL OF BPJS MEMBER TOWARDS FIRST LEVEL SERVICE (STUDI AT HEALTH CENTER KEDATON, BANDAR LAMPUNG) Along with the emergence of the paradigm change in the public administration, the society’s demand to the government instance also appears in order to give a better service. The problems occurred around the weak standard of the public service or standard of the public service has not been consistently implemented on the government instances so that be ongoing people disappointing. Problem in this research is “How is public satisfaction member of BPJS on giving of first level service. While the purpose of this study was to determine the extent of public satisfaction with the service level of participants BPJS first in Puskesmas inpatient Kedaton, Bandar Lampung. The type of research that is applied is the research of descriptive survey type with quantitative approach, with explains social phenomena that occurred. Samples were obtained by using accidental sampling method which means the method of taking samples by accident which is considered eligible. The method used in the analysis of research data is the importance performance analysis, this analysis use data processing tabulation. From the result of the research, data were devided into several variables and from the result of the survey along with the SPSS calculation, then the influence value of variable x and y, or the value of rxy= 0,227 0r 22,7%. That mean the first level service which is given has a low correlation with the value 0,227 or 22,7% toward BPJS members, at intermediate level. The members of BPJS have felt quite satisfied with the service given by the health center Kedaton, Bandar Lampung. Suggest given to the implementer of the service from Puskesmas (Health Center) Kedaton, Bandar Lampung, is to maintain the consistency of the first level service standard given by the health center, to the society, and if necessary, improve these standard. Key Word: Public Satisfaction, first level service

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 8892038 . Digilib
Date Deposited: 29 Dec 2015 05:03
Terakhir diubah: 29 Dec 2015 05:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16307

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir