0813053040, MAIKO SABRI MARTHA (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS SISWA KELAS V C SDN 3 BUMI AGUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (327Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (426Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (401Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (191Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (5Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, menunjukkan masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V C SDN 3 Bumi Agung, oleh karena itu, perlu perbaikan pembelajaran melalui penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model cooperative learning type student team achievement divisions (STAD). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dalam bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Perbaikan pembelajaran dengan model cooperative learning tipe STAD menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 50,94% (cukup aktif), siklus II 70,01% (aktif), dan siklus III 85,44% (sangat aktif), sementara rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (50,08), siklus II (65,20), dan siklus III (86,96) dengan KKM ≥ 50. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar, didukung uji perbedaan hasil post-tes dengan pre-tes menggunakan t-tes didapatkan hasil thitung 1 = 7,97 > ttabel = 2,064, thitung 2 = 5,71 > ttabel = 2,064, thitung 3 = 4,30 > ttabel = 2,064, pada ketentuan α = 0,05, dan apabila dilihat dari uji perbedaan hasil belajar post-tes siklus I terhadap siklus II (thitung = 3,904) dan siklus II terhadap siklus III (thitung = 6,360) maka adanya peningkatan uji t-tes hasil belajar sebesar 2,456. Kata kunci: model cooperative learning tipe STAD, aktivitas siswa, dan hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 03:40 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 03:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16310 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |