0813053048, NI LUH GEDE WAHYU S. PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MATA PELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS V SDN 2 RAMA DEWA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (459Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER2.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
halaman pernyataan .pdf Download (204Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (192Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas V SDN 2 Rama Dewa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe (TGT). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar observasi dan instrument tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (55,26%) dalam kategori "kurang aktif' siklus II (67,54%) dalam kategori "cukup aktif', dan siklus III (82,75%) dalam kategori "aktif'. Dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II (12,28%) dan dari siklus II ke siklus III (14,88%). Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa tuntas 12 orang atau sebesar (62,52%), siklus II jumlah siswa yang tuntas 15 orang atau sebesar (78,94%), siklus III jumlah siswa yang tuntas 17 orang atau sebesar (89,47%). Dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II (16,42%) dan dari siklus II ke siklus III (10,53%). Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Games Tournament, PKn
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 03:40 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 03:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16313 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |