PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V A SDN 1 METRO UTARA

0813053062, Winda Triliana.P (2012) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V A SDN 1 METRO UTARA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (3608b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (296Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (241Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (766Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil observasi awal pembelajaran IPS di kelas V A SDN 1 Metro Utara menunjukan bahwa aktivitas belajar rendah disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centred) sehingga siswa pasif dan hasil belajar rendah dengan nilai rata-rata siswa 40 atau belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan subyek penelitian adalah siswa kelas V A berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklusnya. Analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas V A SDN 1 Metro Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I (43,16%), siklus II (61,16%), dan siklus III (79,66%). Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (57), pada siklus II (68,4), dan pada siklus III (77,4). Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, dan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 29 Dec 2015 03:40
Terakhir diubah: 29 Dec 2015 03:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16323

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir