EVALUASI KESESUAIAN LAHAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS. L) PADA LAHAN KELOMPOK TANI SUMBER REZEKI DESA SIDORENO KECAMATAN WAY PANJI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

0314031029, FAUZI IRAWAN (2015) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS. L) PADA LAHAN KELOMPOK TANI SUMBER REZEKI DESA SIDORENO KECAMATAN WAY PANJI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
0314031029-abstract.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0314031029-abstrak.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0314031029-kesimpulan.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0314031029-pendahuluan.pdf

Download (34Kb) | Preview

Abstrak

Informasi tentang sumberdaya lahan sangat penting dalam merencanakan penggunaan lahan dan peningkatkan produksi, di samping itu sektor pertanian sangat berpeluang dalam pengembangan berbagai komoditas andalan dan memberikan sumbangan cukup besar terhadap penyediaan pangan nasional. Jagung di Indonesia merupakan makanan pokok kedua setelah padi. Selain sebagai bahan pangan jagung juga digunakan sebagai makanan ternak, bahan baku industri, minuman dan lain-lain. Lahan merupakan sumber daya fisik yang bersifat terbatas, dan karena keterbatasannya lahan memerlukan perencanaan yang matang dalam penggunaannya agar dapat dimanfaatkan oleh generasi mendatang. Untuk dapat merencanakan penggunaan lahan agar sesuai dengan kondisinya perlu dilakukan evaluasi lahan, ini dilakukan agar keadaan lahan tidak menjadi rusak atau kritis. Kesesuaian lahan merupakan salah satu gambaran tentang kecocokan suatu penggunaan pada bidang lahan tertentu. Kelas kesesuaian lahan suatu daerah dapat berbeda-beda, tergantung potensial kecocokan lahan yang ada dibandingkan dengan persyaratan suatu pengunaan tertentu. Berdasarkan hal tersebut di atas, perlu kiranya dilakukan evaluasi kesesuaian lahan pada lahan pertanaman jagung di Desa Sidoreno Kecamatan Way Panji Lampung Selatan, karena lahan di lokasi tersebut dinilai memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai areal tanaman jagung. Analisis kelayakan usaha budidaya tanaman jagung dilakukan dengan pendekatan terhadap aspek-aspek finansial yang terdapat dalam usaha tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dengan dilakukannya analisis kelayakan usaha budidaya tanaman jagung antara lain adalah untuk menilai kelayakan suatu usaha atau dengan kata lain untuk menghindari keterlanjuran penanaman modal yang besar untuk kegiatan yang tidak menguntungkan. Evaluasi kesesuaian lahan dilakukan menggunakan kriteria biofisik menurut Djaenuddin dkk. (2000), sedangkan penilaian secara ekonomi adalah dengan menganalisa kelayakan finansial budidaya tanaman jagung yang dilakukan dengan menghitung nilai NPV, Net B/C Ratio, dan IRR. Hasil penelitian Lahan pertanaman Jagung (Zea mays L.) di Desa Sidoreno Kecamatan Way Panji Lampung Selatan berdasarkan kriteria Djaenudin dkk. (2000) termasuk ke dalam kelas kesesuaian lahan sesuai marjinal dengan faktor pembatas terberat ketersediaan air, berupa curah hujan (S3wa). Dan secara finansial, usaha tani tanaman jagung aktual dalam 4 musim layak untuk dikembangkan. Hal ini terlihat dengan nilai bersih sekarang (NPV>0) yang diperoleh Rp26.001.437,- selama empat musim tanam, nilai perbandingan antara penerimaan bersih dan biaya (Net B/C>1) diperoleh 2,12, nilai tingkat pengembalian internal (IRR) sampai 21,14 % per bulan, atau lebih dari tingkat suku bunga yang berlaku (15% per tahun). Hal ini menunjukkan bahwa usaha budidaya tanaman jagung selama empat musim (2008-2009) menguntungkan.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknolgi
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 30 Dec 2015 03:02
Last Modified: 30 Dec 2015 03:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16339

Actions (login required)

View Item View Item