0913069123, SUTITIK (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SEGALAMIDER BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar grafik.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (376Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kata pengantar.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (3812b) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I SUTITIK.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II SUTITIK.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III SUTITIK.pdf Download (289Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV skripsi SUTITK.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (450Kb) |
||
|
File PDF
BAB V skripsi SUTITIK.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA sutitik.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (44Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Segalamider. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa disebabkan karena proses pembelajaran masih didominasi oleh metode pembelajaran yang kurang memberi kesempatan pada siswa untuk belajar mandiri. Salah satu metode yang dapat memfasilitasi potensi dan kemampuan siswa agar memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis serta bekerja sama dalam memecahkan suatu permasalahan adalah metode kerja kelompok. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Segalamider dalam pembelajaran IPA melalui metode kerja kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang difokuskan pada situasi kelas. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Segalamider. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I sebesar 71,02% dengan kategori “Baik” dan pada siklus II sebesar 81,83% dengan kategori “Baik”. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,81%. Begitu pula dengan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 63,63% dengan kategori “Cukup” dan pada siklus II sebesar 86,36% dengan kategori “Baik Sekali”. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 22,73%. Berdasarkan hasil temuan pelaksanaan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas IV SD Negeri 3 Segalamider dapat menggunakan metode kerja kelompok dalam pembelajaran IPA agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, IPA, kerja kelompok.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 30 Dec 2015 03:04 |
Terakhir diubah: | 30 Dec 2015 03:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16351 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |