1013069007, Anika Feriyana (2012) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS I SDN I KETEGUHAN KECAMATAN TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG TP. 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (303Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (227Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (299Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER 1 .pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kata pengantar.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (166Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (83Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan pengamatan, pembelajaran yang terjadi di kelas I SDN I Keteguhan masih berpusat pada guru. Dalam pembelajaran guru juga jarang/tidak menggunakan media, selain itu guru juga belum mengajar secara tematik. Hal ini berdampak pada kemampuan siswa khususnya dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan, dari 38 siswa yang ada hanya 42,97 persen yang sudah bisa melakukan penjumlahan dan pengurangan, sisanya 57,03 persen belum bisa melakukan penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan menggunakan media kartu bilangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklusnya ada empat tahap yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah dengan menggunakan metode observasi, sedangkan analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan media kartu bilangan dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan. Peningkatan kemampuan siswa itu terlihat dari hasil yang diperoleh pada pra siklus yang semula hanya 42,97 persen, meningkat menjadi 45,60 persen pada siklus I, dan 52,84 persen pada siklus II,kemudian 61,83 persen pada siklus III. Oleh sebab itu hendaknya guru lebih mengoptimalkan penggunaan kartu bilangan,khususnya dalam meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 30 Dec 2015 03:03 |
Terakhir diubah: | 30 Dec 2015 03:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16369 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |