IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TORUNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI SISWA KELAS XI AP SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011-2012

, RACHMAH (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TORUNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI SISWA KELAS XI AP SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
COVER TESIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TGT.pdf - Published Version

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PROPOSAL TESIS.pdf - Published Version

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 PROPOSAL TESIS (Repaired).pdf - Published Version

Download (354Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 PROPOSAL TESIS (Repaired).pdf - Published Version

Download (1046Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar KKPI dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas XI AP semester gasal SMK Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dan data penelitian meliputi data hasil tes formatif, data aktifitas siswa, dan data kinerja guru, seluruh data dianalisis dengan menggunakan persentase. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Bandar Lampung kelas XI AP. Data hasil tes dianalisis dengan anates. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase mengalami peningkatan dari siklus ke siklus yaitu siklus I sebesar 80,84%. Pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah sebesar 79,48%. Pada siklus II ini terlihat bahwa aktivitas siswa meningkat sebesar 18,64%. Kemudian pada siklus III rata-rata persentase aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah 85,89%. Pada tindakan pembelajaran siklus III ini.terlihat bahwa aktivitas siswa meningkat sebesar 6,41%. Hasil belajar siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,28%. Siswa yang mendapat nilai sama dengan atau di atas 60 berjumlah 35 orang atau 89,7% siswa telah tuntas dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siklus II diperoleh nilai rata-rata 67,82. Siswa yang mendapat nilai sama dengan atau di atas 60 berjumlah 36 orang atau 92,30% siswa telah tuntas dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siklus III diperoleh nilai 70,94. Siswa yang mendapat nilai sama dengan atau di atas 60 berjumlah 37 orang atau 94,87% siswa telah tuntas dalam kegiatan pembelajaran. Menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar, sejalan dengan itu peningkatan aktivitas secara langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QA Mathematics > QA76 Computer software
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 20 May 2014 01:24
Last Modified: 20 May 2014 01:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item