UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP IT NURUL IMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (SKRIPSI)

Sugianto Wahyudi, 1113103001 (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP IT NURUL IMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (SKRIPSI). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover dalam.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman persetujuan.pdf

Download (1151Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (1060Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf

Download (230Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Riwayat hidup.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persembahan.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Motto.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Sanwacana.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (440Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV,.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (723Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP.pdf

Download (810Kb) | Preview

Abstrak

Tercapainya tujuan pembelajaran yang baik dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran, memerlukan usaha terciptanya interaksi yang baik pula antara guru yang mengajar dan peserta didik (murid) yang belajar. Kemampuan guru dalam mengajar sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran, guru hendaknya menggunakan metode ataupun model pembelajaran yang tepat supaya memudahkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan metode pembelajaran juga salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya proses belajar mengajar, dengan metode yang tepat secara otomatis akan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Sehingga kedua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar tersebut mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang lebih tepat dan menarik, siswa dapat belajar secara kooperatif, dapat bertanya meskipun tidak pada guru secara langsung, dan mengemukakan pendapat. Salah satu upaya untuk meningkatakan hasil belajar Siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaran diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Secara keseluruhan aktivitas dan hasil belajar terus naik untuk setiap siklusnya. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, metode diskusi

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 5793962 Sugianto W Digilib
Date Deposited: 04 Jan 2016 06:39
Last Modified: 04 Jan 2016 06:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16541

Actions (login required)

View Item View Item