STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

IKA PUSPITA SARI , 0853031021 (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (578Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (358Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (687Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak

Melihat hasil belajar yang belum optimal, maka perubahan dalam proses pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan seharusnya mulai diterapkan disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan tipe PBL jika dikaitkan kemampuan berpikir kreatif. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental design). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 126 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukaan (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS Terpadu melalui model pembelajaran GI dan tipe PBL; (2) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan tipe PBL; (3) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih rendah dibandingkan dengan tipe PBL; (4) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : GI, hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif , PBL

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 5075183 . Digilib
Date Deposited: 06 Jan 2016 06:58
Last Modified: 06 Jan 2016 06:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16601

Actions (login required)

View Item View Item