ANALISIS PENGARUH TINGKAT INVESTASI (PMDN DAN PMA) DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) PROVINSI LAMPUNG

0211021005, Febriyanto ANALISIS PENGARUH TINGKAT INVESTASI (PMDN DAN PMA) DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) PROVINSI LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
0211021005-abstract.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0211021005-abstrak.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0211021005-kesimpulan.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0211021005-pendahuluan.pdf

Download (72Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Kegiatan pembangunan nasional tidak lepas dari peran seluruh Pemerintah Daerah yang telah berhasil memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia di daerah masing-masing. Sebagai upaya memperbesar peran dan kemampuan daerah dalam pembangunan, pemerintah daerah dituntut untuk lebih mandiri dalam membiayai kegiatan operasional rumah tangga. Tingginya tingkat pertumbuhan ekonomi yang ditunjukkan dengan tingginya nilai PDRB menunjukkan bahwa daerah tersebut mengalami kemajuan dalam perekonomian. Penggalian pendapatan daerah, dan peningkatan peran serta investor dalam berinvestasi dalam pembangunan daerah diharapkan menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan daerah. Pemerintah daerah harus melaksanakan pendekatan perencanaan pembangunan daerah dari bawah ke atas (bottom up) agar pembangunan yang dilaksanakan daerah merupakan keinginan bersama dan sesuai dengan potensi yang ada agar kesinambungan pembangunan dapat tercapai. Tujuan utama penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh tingkat Investasi baik itu PMDN maupun PMA dan pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) provinsi Lampung periode tahun 1998-2008. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah provinsi Lampung dengan menggunakan data sekunder dengan runtun waktu 1998-2008 yang bersumber dari Badan Pusat Satistik provinsi Lampung, Bank Indonesia Provinsi Lampung, serta Literatur lainnya yang berhubungan dengan masalah dan tujuan dari penelitian ini. Model analisis yang dipergunakan adalah Model ekonometrika dengan metode persamaan Ordinary Least square (OLS) dengan mempergunakan program Eviews 4.1 sebagai pengolah data penelitian. Berdasarkan Hasil Estimasi, diperoleh bahwa Tingkat Investasi (PMDN dan PMA) berpengaruh negatif dan signifikan secara statistik terhadap PDRB provinsi Lampung, Adapun Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap PDRB provinsi Lampung.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:28
Last Modified: 08 Jan 2016 09:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16662

Actions (login required)

View Item View Item