ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH EMPLOYEE STOCK OPTION PLAN (ESOP) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA

0311031022, Shintya Imelda (2011) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH EMPLOYEE STOCK OPTION PLAN (ESOP) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
0311031022-kesimpulan.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0311031022-ABSTRAK.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0311031022-pendahuluan.pdf

Download (83Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris ada tidaknya perbandingan kinerja keuangan yang dilaporkan perusahaan-perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia sebelum dan sesudah pengadopsian Employee Stock Option Plan. ESOP merupakan program kepemilikan karyawan atas saham perusahaan yang diharapkan dapat meningkatkan sense of belonging sehingga meningkatkan nilai perusahaan melalui peningkatan kinerja perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive judgement sampling. Berdasarkan kriteria yang ditentukan diperoleh tujuh perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t berpasangan (paired sample t-test) secara dua arah, namun terlebih dahulu dilakukan uji normalitas. Hasil pengujian membuktikan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan antara kinerja keuangan perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia sebelum dan sesudah pengadopsian Employee Stock Option Plan baik yang diukur dengan menggunakan Capital Adequency Ratio, Return On Assets, Rasio Biaya Operasional / Pendapatan Operasional, maupun Loan to Deposit Ratio. Namun secara parsial variabel Rasio Aktiva Produktif Bermasalah / Total Aktiva Produktif dan Market Value of Equity tidak menunjukkan adanya perbandingan kinerja keuangan sebelum dan sesudah pengadopsian Employee Stock Option Plan (ESOP). Hasil penelitian ini dapat membuktikan secara empiris bahwa penerapan program Employee Stock Option Plan dalam suatu perusahaan mampu meningkatkan kinerja perusahaan, baik manajemen maupun karyawan. Selain itu, pasar menilai kinerja keuangan yang dilaporkan oleh perusahaan yang menerapkan Employee Stock Option Plan lebih baik dari pada perusahaan yang tidak menerapkannya. Kata kunci : kinerja keuangan, Employee Stock Option Plan, perbankan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:33
Terakhir diubah: 07 Apr 2022 03:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16666

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir