Rafiani, Rianto (2014) PRODUKSI ALAT PERAGA IPA PESAWAT SEDERHANA BERBASIS “SCIENCE IN BOX” PADA SISWA MTsN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PESETUJUAN.pdf - Published Version Download (1102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1045Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (95Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (167Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (221Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1700Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (238Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (566Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara peneliti terhadap guru IPA fisika di MTsN Pringsewu, diketahui bahwa guru belum memanfaatkan secara maksimal sarana dan prasarana yang ada seperti laboratorium untuk pembelajaran. Diketahui pula bahwa pada materi Usaha dan Energi (KD 5.4 Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari). Guru merasa agak kesulitan dalam menjelaskan materi tersebut secara konkrit dan karena belum tersedianya media pembelajaran pada materi tersebut. Mempertimbangkan masalah-masalah tersebut, maka peneliti membuat alat peraga berkaitan dengan materi pesawat sederhana yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Alat peraga yang dikembangkan berisi buku siswa, LKS dan latihan soal beserta kunci jawabannya. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan media yang diadaptasi dari Suyanto dan Sartinem (2009). Desain tersebut meliputi tujuh tahapan prosedur pengembangan produk dan uji produk, yaitu: analisis kebutuhan, identifikasi sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan, identifikasi spesifikasi produk yang diinginkan pengguna, pengembangan produk, uji internal: uji kelayakan produk, uji eksternal: uji kemanfaatan produk oleh pengguna dan tahap terakhir produksi. Hasil uji internal menujukkan alat peraga yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji eksternal menunjukkan bahwa kualitas alat peraga yang dikembangkan sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran yaitu mencapai 96,97 % siswa tuntas KKM. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan media pembelajaran berupa alat peraga pesawat sedehana yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas: sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat, dan dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Alat Peraga IPA, Media Pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 20 May 2014 01:54 |
Terakhir diubah: | 20 May 2014 01:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1668 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |