EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT MISKIN (Studi Kasus Pada Pasien Jamkesmas Rawat Jalan di Rumah Sakit Abdul Moloek Bandar Lampung)

0411021081, MUHAMMAD KINDI AR EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT MISKIN (Studi Kasus Pada Pasien Jamkesmas Rawat Jalan di Rumah Sakit Abdul Moloek Bandar Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
Text
0411021081-ABSTRAK.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0411021081-PANDAHULUAN & KESIMPULAN.pdf

Download (394Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Banyak faktor yang menyebabkan ketimpangan di dalam pelayanan kesehatan terutama yang terkait dengan biaya pelayanan kesehatan, ketimpangan tersebut diantaranya diakibatkan perubahan pola penyakit, perkembangan teknologi kesehatan dan kedokteran, pola pembiayaan kesehatan berbasis pembayaran swadana (out of pocket). Biaya kesehatan yang mahal dengan pola pembiayaan kesehatan berbasis pembayaran out of pocket semakin mempersulit masyarakat untuk melakukan akses ke palayanan kesehatan. Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) adalah program bantuan sosial untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang diselenggarakan secara nasional, agar terjadi subsidi silang dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh bagi masyarakat miskin. Upaya pelaksanaan Jamkesmas merupakan perwujudan pemenuhan hak rakyat atas kesehatan dan amanat Undang–Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Setelah di lakukan penelitian melalui Indikator ketepatan sasaran program Jamkesmas dapat dikatakan berhasil dengan tingkat pencapaian 72,16%, hal ini berarti pemerintah sudah relatif tepat memberikan bantuan program Jamkesmas ini kepada masyarakat yang membutuhkannya. Indikator sosialisasi program Jamkesmas dikatakan cukup berhasil dengan pencapaian 57,25%. Indikator pelayanan pihak Rumah Sakit kepada pasien Jamkesmas dikatakan berhasil dengan pencapaian 74,725%. Keluarga fakir miskin penerima Jamkesmas sudah merasa sangat terbantu dengan adanya program ini, masyarakat menilai Rumah Sakit sudah baik dalam memberikan pelayanan kesehatan gratis dan juga tidak ada perbedaan antara pasien pengguna kartu Jamkesmas dengan pasien yang tidak menggunakan Jamkesmas.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:32
Last Modified: 08 Jan 2016 09:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16682

Actions (login required)

View Item View Item