0511011065, HERU MURTI PRASETYO ANALISIS PENGARUH NILAI YANG DIPERSEPSIKAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO (Studi Kajian Persepsi Mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Lampung). Digital Library.
|
File PDF
0511011065-abstract.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0511011065-abstrak.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0511011065-kesimpulan.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0511011065-pendahuluan.pdf Download (96Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Persaingan yang semakin ketat, menyebabkan suatu perusahaan menempatkan orientasi pada pemenuhan dan kepuasan konsumen sebagai tujuan utama. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang menawarkan produk dan jasa pada konsumen, maka semakin banyak pula alternatif yang dimiliki konsumen, sehingga perusahaan selalu berusaha memenuhi kepuasan konsumen mereka. Sebagai contoh adalah persaingan dalam industri sepeda motor. Salah satu produsen yang telah meluncurkan jenis sepeda motor matik adalah merek Yamaha dengan produknya Yamaha Mio. Ada banyak hal yang mempengaruhi penilaian konsumen terhadap puas atau tidaknya ia akan produk atau jasa yang diperolehnya. Salah satu hal tersebut adalah nilai yang dipersepsikan (perceived value). Mahasiswa merupakan salah satu dari sekian banyak konsumen yang menggunakan sepeda motor Yamaha Mio. Sehingga penelitian ini memfokuskan pada mahasiswa sebagai objek penelitian dan dianggap bisa mewakili seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, dirasa perlu untuk dilakukan pengukuran seberapa signifikan pengaruh nilai yang dipersepsikan terhadap kepuasan konsumennya. Masalah yang dihadapi oleh PT Lautan Teduh Interniaga selaku dealer utama sepeda motor merek Yamaha di Propinsi Lampung yaitu tingkat persaingan yang semakin tajam dewasa ini, dapat terlihat dengan pesatnya pertumbuhan produk yang sejenis yang menawarkan bermacam-macam merek, ukuran, bentuk dan persaingan yang ketat dalam memberikan kepuasan kepada para konsumennya. Permasalahan yang dihadapi adalah apakah variabel-variabel nilai yang dipersepsikan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen yang menggunakan sepeda motor Yamaha Mio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel-variabel nilai yang dipersepsikan terhadap kepuasan konsumen yang menggunakan sepeda motor Yamaha Mio. Hipotesis yang diajukan adalah “nilai yang dipersepsikan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen yang menggunakan sepeda motor Yamaha Mio”. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Lampung tahun angkatan 2007-2009, dengan menggunakan teknik sampling acak bertingkat dan setelah dilakukan perhitungan sampel yang diperoleh sebanyak 90 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil analisis model regresi menunjukkan bahwa nilai koefisien Nagelkerke R Square (R²) sebesar 0,866. Artinya bahwa variabel-variabel nilai yang dipersepsikan antara lain Nilai Fungsional (Keinginan Kepuasan), Nilai Epistemik, Citra, Nilai Emosional, Nilai Harga dan Nilai Sosial mampu mempengaruhi kepuasan konsumen (Y) sebesar 86,6 %, sedangkan sisanya sebesar 13,4 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model tersebut. Hasil analisis data diperoleh bahwa variabel nilai yang dipersepsikan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen yang menggunakan sepeda motor Yamaha Mio, dengan rincian Nilai Fungsional (Keinginan Kepuasan) signifikan dengan nilai probabilitas 0,043, Nilai Epistemik signifikan dengan nilai probabilitas 0,045, Citra signifikan dengan nilai probabilitas 0,027, Nilai Emosional signifikan dengan nilai probabilitas 0,021 dan Nilai Sosial signifikan dengan nilai probabilitas 0,049. Hal ini menunjukkan bahwa nilai yang dipersepsikan (perceived value) secara parsial mempengaruhi kepuasan konsumen. Ini juga berarti bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima. Nilai Emosional sebagai variabel nilai yang dipersepsikan mempunyai pengaruh dominan daripada variabel-variabel lainnya karena probabilitas signifikansinya yaitu 0,021. Saran yang diajukan hendaknya produsen sepeda motor Yamaha Mio dalam hal ini PT Lautan Teduh Interniaga mempertahankan dan meningkatkan variabel-variabel nilai yang dipersepsikan yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen antara lain untuk meningkatkan Nilai Fungsional (Keinginan Kepuasan), produsen Yamaha Mio hendaknya melakukan strategi diferensiasi, untuk meningkatkan Nilai Epistemik, perusahaan sebaiknya meningkatkan kualitas produk serta menambahkan ciri produk yang baru dan gaya yang lebih baik, untuk meningkatkan Citra, perusahaan dapat menggunakan pemakaian selebriti pendukung (celebrity endorser), Nilai Emosional perlu dipertahankan dan ditingkatkan karena terbukti melalui pendekatan emosional, produk Yamaha Mio ini mampu mempengaruhi kepuasan konsumen secara dominan, untuk meningkatkan Nilai Harga, perusahaan hendaknya melakukan strategi penetrasi harga dan strategi kepemimpinan biaya menyeluruh, untuk meningkatkan Nilai Sosial, perusahaan dapat memasuki segmen baru maupun meningkatkan cakupan distribusinya dan memasuki saluran distribusi baru.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 09:31 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2016 09:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16696 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |