ANALISIS PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH INDONESIA SEKTOR PENDIDIKAN DAN KESEHATAN DALAM APBN TERHADAP KEMISKINAN INDONESIA

0511021107, DERIS DESMAWAN ANALISIS PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH INDONESIA SEKTOR PENDIDIKAN DAN KESEHATAN DALAM APBN TERHADAP KEMISKINAN INDONESIA. Digital Library.

[img]
Preview
Text
0511021107-abstrak.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0511021107-kesimpulan.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0511021107-pendahuluan.pdf

Download (94Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Kemiskinan adalah masalah yang sangat krusial. Kenyataan ini kiranya menjadi latar belakang mengapa kemiskinan selalu menjadi masalah yang mendapatkan perhatian besar dan mengundang perdebatan, hingga pada level paradgmatik. Oleh karena itu beralasan sekali bila mengatakan bahwa kebudayaan umat manusia dalam setiap zamannya tidak pernah lepas dari orang-orang miskin, mulai dari awal peradaban hingga sekarang ini. Berdasarkan data jumlah penduduk miskin negara-ngara berkembang di Asia , Indonesia merupakan negara yng termasuk jumlah kemiskinnnya termasuk relatif tinggi. Salah satu cara untuk menanggulangi kemiskinan adalah melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut dibiyai oleh pengeluaran pemerintah daerah pada sektor pendidikan dan kesehatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh pengeluaran pemerintah Indonesia sektor pendidikan dan sektor kesehatan terhadap tingkat kemiskinan di Indonsia. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pengeluaran pemerintah Indonesia pada sektor pendidikan terhadap kemiskinan di Indonesia dan Untuk mengetahui pengaruh pengeluaran pemerintah indonesia pada sektor kesehatan terhadap kemiskinan di Indonesia Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda memakai program Statistical Package the Social Science (SPSS). Berdasarka perhitungan diperoleh bahwa Pengeluaran pemerintah pada sektor pendidikan berpengaruh nyata terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia. Dimana pada saat pengeluaran pemerintah sektor pendidikan dinaikkan sebesar 1% akan mengurangi tingkat kemiskinan sebesar 0,1%. Pengeluaran pemerintah sektor kesehatan berpengaruh nyata terhadap tingkat kesehatan di Indonesia. Dimana pada saat pengeluaran pemerintah sektor kesehatan dinaikkan sebesar 1% akan mengurangi tingkat kemiskinan sebesar 0,1%.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:26
Last Modified: 08 Jan 2016 09:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16707

Actions (login required)

View Item View Item