ANALISIS PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) DAN NON PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP HARGA SAHAM PADA INDUSTRI PERBANKAN YANG LISTED DI BEI

0611011046, BAYU SIGIT KESUMAYUDA ANALISIS PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) DAN NON PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP HARGA SAHAM PADA INDUSTRI PERBANKAN YANG LISTED DI BEI. Digital Library.

[img]
Preview
Text
0611011046-ABSTRACT.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011046-ABSTRAK.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011046-KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011046-PENDAHULUAN.pdf

Download (93Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Ada berbagai macam alat ukur untuk menilai kinerja keuangan suatu perbankan. Bank Indonesia selaku pengatur regulasi perbankan di Indonesia telah mengeluarkan berbagai rekomendasi untuk menilai kinerja keuangan perbankan. Pada saat ini yang umum digunakan adalah CAR dan NPL, selain dua rasio tersebut adanya kapitalisasi pasar umumnya dapat menunjukkan tingkat perbedaan harga saham pada bank yang memiliki kapitalisasi besar ataupun kecil. Dengan tingginya tingkat kapitalisasi, pada umumnya akan memberi posisi tawar yang baik bagi perusahaan untuk menentukan nilai saham, karena tingginya kapitalisasi menunjukkan banyaknya investor yang menanamkan investasinya pada perusahaan tersebut. Semakin tinggi transaksi akan saham maka akan semakin meningkat pula nilai saham yang ditawarkan kepada masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah perubahan harga saham perbankan dipengaruhi secara parsial ataupun simultan oleh CAR dan NPL. Selain itu apakah ada perbedaan harga saham pada bank berkapitalisasi besar dan bank berkapitalisasi kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh CAR, NPL, dan kapitalisasi pasar terhadap harga saham. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu (Ha1) CAR berpengaruh terhadap harga pasar saham perusahaan, (Ha2) NPL berpengaruh terhadap perubahan harga pasar saham, (Ha3) CAR dan NPL secara bersamaan / simultan berpengaruh terhadap perubahan harga pasar saham, (Ha4) Terdapat perbedaan harga saham yang signifikan antara bank berkapitalisasi besar dan bank berkapitalisasi kecil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial hanya variabel NPL yang berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Selain itu, pada penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan secara nyata antara harga saham bank berkapitalisasi besar dan bank berkapitalisasi kecil. Hasil uji koefisiensi determinasi (R2) didapatkan nilai 0,822 yang menunjukkan bahwa ketiga variabel dalam penelitian ini mampu menjelaskan sebesar 82,2% pada perubahan harga saham, sedangkan sisanya sebesar 17,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:25
Last Modified: 08 Jan 2016 09:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16736

Actions (login required)

View Item View Item