ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PIZZA PADA PIZZA HUT PAGAR ALAM LAMPUNG

0611011072, Hutama Wiranegara Gunawan ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PIZZA PADA PIZZA HUT PAGAR ALAM LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
0611011072-abstrak.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011072-kesimpulan.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011072-pendahuluan.pdf

Download (120Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Perkembangan usaha bisnis dalam era globalisasi saat ini semakin pesat, hal ini ditandai dengan tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi dan ketat. Keadaan tersebut menyebabkan perusahaan pada umumnya berusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup, mengembangkan perusahaan, memperoleh laba optimal serta dapat memperkuat posisi dalam menghadapi perusahaan pesaing. Saat ini perkembangan kebutuhan makanan dengan berbagai bentuk dan rasa telah dijadikan sebagai sarana usaha untuk mencari pengasilan. Salah satu makanan yang banyak diminati konsumen adalah pizza. Penelitian ini dilakukan di Pizza Hut Pagar Alam Lampung yang merupakan salah satu cabang restoran pizza yang ada di Bandar Lampung. Setiap produk seperti juga pizza mememiliki ciri khas tersendiri yang biasa disebut atribut produk. Atribut tersebut diantaranya adalah atribut yang tidak berwujud yaitu desain produk, kemasan dan merek. Masalah dalam penelitian ini adalah semakin menurunnya target dan realisasi penjualan selama satu tahun dari bulan Mei 2009-Mei 2010, serta rata-rata pencapainnya hanya sebesar 91.22%. Sedangkan permasalahannya adalah apakah atribut produk desain produk, kemasan dan merek yang diterapkan oleh Pizza Hut Pagar Alam Lampung mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian pizza. Tujuan Penelitian ini adalah dengan diketahuinya pengaruh desain produk, kemasan dan merek terhadap keputusan pembelian pizza maka Pizza Hut Pagar Alam Lampung dapat melakukan perbaikan-perbaikan terhadap indikator yang masih lemah dan mempertahankan indikator yang sudah kuat serta dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah atribut produk desain produk, kemasan dan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pizza pada Pizza Hut Pagar Alam Lampung. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan teknik purposive sampling kepada 100 responden yang pernah membeli pizza di Pizza Hut Pagar Alam Lampung. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda yang hasilnya adalah R = 0.371 yang berarti variabel X (desain produk, kemasan dan merek) berperan dalam setiap penambahan variabel Y (keputusan pembelian) sebesar 37.1%. Dari hipotesis secara menyeluruh dengan uji F pada tingkat kepercayaan 95% diperoleh F hitung = 18.835 > F tabel = 2.699 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa secara statistik semua variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara parsial desain produk dan merek berpengaruh signifikan sedangkan kemasan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen melakukan pembelian pizza pada Pizza Hut Pagar Alam Lampung. Berdasarkan penelitian ini sebaiknya Pizza Hut Pagar Alam Lampung terus melakukan peningkatan terhadap ke tiga atribut poduknya yaitu desain produk, kemasan dan merek. Untuk desain produk sebaiknya Pizza Hut Pagar Alam Lampung terus melakukan inovasi terhadap desain produk baik yang sudah ada maupun yang akan dibuat nantinya. Untuk kemasan, pihak menejemen harus lebih memperhatikan lagi kemasan yang sudah ada sekarang karena dalam penelitian ini kemasan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang dilakukan para konsumen. Sedangkan untuk merek pihak menejemen harus terus mempertahankan loyalitas konsumen terhadap merek Pizza Hut dan terus menjaga nama baik merek yang sudah baik dimata konsumen, karena dalam penelitian ini merek memiliki pengaruh yang paling besar terhadap keputusan pembelian.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:27
Last Modified: 08 Jan 2016 09:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16739

Actions (login required)

View Item View Item