ANALSIS HUBUNGAN ANTARA PENDAPATAN ASLI DAERAH, INVESTASI, DAN TENAGA KERJA TERHADAP PDRB PROVINSI LAMPUNG TAHUN 1990 – 2009

0611021099, TION PELANI ANALSIS HUBUNGAN ANTARA PENDAPATAN ASLI DAERAH, INVESTASI, DAN TENAGA KERJA TERHADAP PDRB PROVINSI LAMPUNG TAHUN 1990 – 2009. Digital Library.

[img]
Preview
Text
0611021099-abstract.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611021099-abstrak.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611021099-kesimpulan.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611021099-pendahuluan.pdf

Download (362Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Pembangunan merupakan suatu proses menuju perubahan yang diupayakan secara terus menerus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil pembangunan dapat diukur dengan menggunakan indikator jumlah output yang dihasilkan selama periode tertentu. Penggalian sumber daya sendiri perlu dioptimalkan agar dapat digunakan sebagai input pembangunan perekonomian daerah yang mandiri. Desentralisasi kekuasaan dalam rangka peningkatan kemampuan daerah untuk mengoptimalkan sumber daya lokal diharapkan akan mendorong memajukan pembangunan daerah masing-masing sehingga diharapkan akan memiliki tujuan akhir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada tingkat daerah maupun nasional. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tahunan dari tahun 1990 sampai dengan tahun 2009. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Produk Domestik Regional Bruto, sedangkan variabel bebasnya adalah pendapatan asli daerah, investasi dan tenaga kerja. Sejalan dengan masalah dan tujuan dalam penelitian ini, maka penelitian ini menggunakan metode statistika dengan menggunakan persamaan koefisien korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi pearson maka antara antara PAD, Investasi dan Tenaga Kerja memiliki hubungan yang signifikan secara positif terhadap PDRB Provinsi Lampung dengan pola hubungan yang selaras. Secara keseluruhan maka Tenaga Kerja memiliki hubungan paling signifikan bila dibandingkan dengan PAD dan Investasi. Dengan demikian Tenaga Kerja merupakan faktor yang besar dalam memacu peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah yang ditandai dengan meningkatnya PDRB. Adapun saran dalam penelitian ini hendaknya pemerintah daerah mengelola segala potensi dan kekayaan daerah sebagai sumber pendaptan daerah yang mampu meningkatan PAD. Pemerintah daerah juga hendaknya menciptakan iklim investasi yang baik agar menarik minat para investor baik domestik maupun asing untuk berinvestasi di Provinsi Lampung dan meningkatan kualitas tenaga kerja dengan berbagai pembinaan – pembinaan yang menunjang bagi para tenaga kerja. Dengan demikian PDRB akan meningkat sehingga kesejahteraan rakyat akan mudah tercapai.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:20
Last Modified: 08 Jan 2016 09:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16802

Actions (login required)

View Item View Item