0743024008, ANTUN SUTARYA (2011) EFEKTIVITAS MEDIA REALIA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP N 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013). Digital Library.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Dalam.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (223Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (461Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Moto.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Tabel.pdf Download (646Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persetujuan.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Sanwacana.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (215Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (451Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (250Kb) |
||
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (88Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMP N 19 Bandar Lampung diperoleh informasi bahwa hasil belajar kelas VIII masih rendah yaitu hanya 22,22% siswa yang mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini diduga karena penggunaan media yang bervariasi sebagai alat bantu dalam pembelajaran masih jarang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai efektivitas media realia melalui model inkuiri terbimbing terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian ini adalah pretest post-test non-equivalen, dengan teknik pengambilan sempel menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian yaitu data kuantitatif berupa data penguasaan materi yang diperoleh dari nilai pretes-postes kemudian dihitung dengan rumus skor N-Gain dan analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 95%. Data kualitatif berupa data Antun Sutarya iii aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa yang diambil dari lembar observasi aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa mengenai efektivitas media realia melalui model inkuiri terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap penguasaan materi pada kelas yang menggunakan media realia melalui model inkuiri terbimbing dengan ratat-rata pretes yaitu 3,11 meningkat menjadi rata-rata postes yaitu 7,78 dengan N-gain sebesar 68,54. Begitupun dengan aktivitas belajar siswa, dari lima aspek aktivitas belajar siswa yang diamati terbukti pada pertemuan pertama dengan nilai rata-rata aktivitas belajar sebesar 60,95 % meningkat menjadi 75,05 % pada peretemuan kedua. Sedangkan untuk tanggapan siswa mengenai efektivitas penggunaan media realia melalui model inkuiri terbimbing secara umum siswa merasa senang dengan pembelajaran yang telah dilakukan. Dengan demikian efektivitas media realia realia melalui model inkuiri terbimbing dapat peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Kata kunci : media realia, model inkuiri terbimbing, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, aktivitas belajar, dan penguasaan materi.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 09:21 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2016 09:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16803 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |