ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN SUKARELA (VOLUNTARY DISCLOSURE) LAPORAN TAHUNAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

0611031094, WIDYA RIZKI EKA PUTRI ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN SUKARELA (VOLUNTARY DISCLOSURE) LAPORAN TAHUNAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Digital Library.

[img]
Preview
Text
0611031094-abstract.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611031094-abstrak.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611031094-kesimpulan.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611031094-pendahuluan.pdf

Download (62Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Laporan Tahunan merupakan salah satu hal yang dilihat investor maupun kreditor sebelum melakukan pengambilan keputusan. Pengungkapan merupakan unsur penting bagi investor karena informasi yang terkandung pada hakekatnya menyajikan keterangan, catatan atau gambaran, baik untuk keadaan masa lalu, masa kini, maupun yang akan datang bagi kelangsungan suatu perusahaan. Pengungkapan sukarela merupakan pilihan bebas manajemen dengan pertimbangan kebijakan tertentu untuk menyampaikan informasi yang relevan kepada para pengguna laporan keuangan terkait dengan aktivitas-aktivitas perusahaan. Objek penelitian ini adalah indeks pengungkapan sukarela laporan tahunan dan karakteristik perusahaan yang diproksikan dengan ukuran perusahaan, tingkat Leverage, kepemilikan saham publik, dan likuiditas perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2005-2009 dimana pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS versi 17 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata indeks pengungkapan sukrela yang disajikan emiten sektor usaha pertambangan sebesar 50,8% (pembulatan) Selain itu, kontribusi variabel karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan sukarela sebesar 23,6 % sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Pengujian terhadap karakteristik perusahaan yang diproksikan dengan ukuran perusahaan, tingkat leverage, dan likuiditas menunjukkan hasil yang signifikan. Sedangkan porsi kepemilikan saham public tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Kata kunci : Laporan Tahunan, Pengungkapan, Pengungkapan Sukarela, dan Karakteristik Perusahaan.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 11 Jan 2016 05:10
Last Modified: 11 Jan 2016 05:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16829

Actions (login required)

View Item View Item