ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK JASA ASURANSI PADA PT. ASURANSI PURI ASIH CABANG LAMPUNG

0641011017, Ardiles ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK JASA ASURANSI PADA PT. ASURANSI PURI ASIH CABANG LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
0641011017-ABSTRACT.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0641011017-abstrak.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0641011017-kesimpulan.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0641011017-pendahuluan.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0641011017-pendahuluan.pdf

Download (102Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PT. Asuransi Puri Asih Cabang Lampung adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha jasa asuransi umum. Asuransi merupakan sarana finansial dalam tata kehidupan rumah tangga, baik dalam menghadapi resiko yang mendasar seperti resiko kematian, atau dalam menghadapi resiko atas harta benda yang dimiliki. Masalah yang dihadapi perusahaan adalah volume penjualan yang tidak memenuhi target yang telah dicanangkan perusahaan sebelumnya, serta posisi pangsa pasar yang hanya menempati urutan keempat sebagai pengikut pasar. Permasalahan yang diangkat adalah apakah strategi pemasaran pada PT. Asuransi Puri Asih Cabang Lampung sudah sesuai dalam memasarkan produknya. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran pada PT. Asuransi Puri Asih Cabang Lampung. Hipotesis yang dirumuskan adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Asuransi Puri Asih Cabang Lampung masih perlu direvisi karena masih belum mampu meningkatkan volume penjualan produk jasa perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, yaitu melakukan tanya jawab langsung kepada responden yang dalam penelitian ini adalah kepala bagian pemasaran yang ada pada PT. Asuransi Puri Asih Cabang Lampung dan yang ada pada perusahaan pesaing, selain itu juga menggunakan metode dokumentasi, yaitu mengumpulkan data-data melalui dokumen yang berhubungan dengan penulisan serta menggunakan metode angket, yaitu memberikan daftar pertanyaan yang kemudian diisi oleh responden. Berdasarkan hasil perhitungan analisis yang dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT diketahui bahwa PT. Asuransi Puri Asih Cabang Lampung mempunyai keunggulan dalam pelayanan dan potensi SDM yang ada, namun memiliki kelemahan dalam hal kurangnya jumlah agen penjualan, keterbatasan nilai maksimal pertanggungan, keterbatasan keterampilan pengetahuan agen serta kurangnya promosi produk sehingga pemasaran kurang maksimal. Peluang pasar yang dimiliki PT. Asuransi Puri Asih Cabang Lampung cukup besar asalkan sejalan dengan perhatian yang baik dari pemerintah daerah namun memiliki ancaman dalam hal persaingan dengan perusahaan asuransi sejenis. Memperhatikan hal tersebut diatas, maka disarankan kepada perusahaan, bahwa perusahaan perlu mengantisipasi kelemahan dan ancaman serta meningkatkan kekuatan yang dimiliki dan memanfaatkan kesempatan yang ada dengan membuat strategi pemasaran yang tepat, antara lain kualitas produk serta promosi perlu ditingkatkan agar pasar dapat lebih diperluas dan semakin banyak konsumen yang terjaring.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 11 Jan 2016 05:10
Last Modified: 11 Jan 2016 05:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16830

Actions (login required)

View Item View Item