ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN SELEBRITI SEBAGAI MODEL IKLAN TERHADAP ASOSIASI MEREK PRODUK JAMU TOLAK ANGIN DI BANDAR LAMPUNG

0641011103, Rama Putra Laksana ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN SELEBRITI SEBAGAI MODEL IKLAN TERHADAP ASOSIASI MEREK PRODUK JAMU TOLAK ANGIN DI BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
0641011103-abstract.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0641011103-abstrak.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0641011103-kesimpulan.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0641011103-pendahuluan.pdf

Download (67Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PT Sido Muncul merupakan salah satu perushaan yang bergerak di bidang pembuatan obat-obatan tradisional salah satu produk andalan yang dimilikinya adalah produk jamu Tolak Angin. Semakin meningktnya harga obat-obatan kimia membuat masyarakat beralih ke obat-obatan tradisional, membuat perusahaan Sido Muncul untuk melakukan strategi pemasaran yang baik,salah satuya yaitu dengan pemakaian selebriti sebagai model iklan agar berpengaruh terhadap Asosiasi merek yaitu segala hal yang berkaitan dengan ingatan mengenai sebuah merek. Adapun kriteria selebriti sebagai model iklan yaitu Kredibilitas selebriti (celebrity credibility), Kepopuleran selebriti (celebrity visibility), daya tarik (Attraction dan Power ). Pemilihan selebriti sebagai model iklan harus dipehatikan oleh pemasar untuk dapat menyelaraskan citra artis dengan citra produk. Ada banyak faktor yang menentukan sukses tidaknya sebuah produk, namun penggunaan artis memang bisa menjadi salah satu faktor terutama sifatnya sebagai model iklan atau pendorong agar konsumen mau membeli. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan selebriti sebagai model iklan berpengaruh terhadap asosiasi merek jamu Tolak Angin?”, dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah pengunaan selebriti berpengaruh terhadap asosiasi merek jamu Tolak Angin. Untuk menguji hipotesis yang diajuakan maka alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, dan diajukan kepada 100 responden dan diperoleh dengan tingkat signifikasi 0,05 di dapat bahwa celebrity credibility, celebrity visibility, attraction dan power berpengaruh signifikan terhadap asosiasi merek jamu Tolak Angin, karena memiliki nilai signifikasi kurang dari 0,05. Seacara statistic didapat koefisien determinasi sebesar 0,543 yang berarti sumbangan seluruh variabel bebas terhadap asosiasi merek jamu Tolak Angin sebesar 54,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya di luar penelitian. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah perusahaan harus lebih memperhatikan pemilihan selebriti sebagai model iklan untuk mempertahankan asosiasi merek di masyarakat dengan melihat kriteria yang telah di tetapkan yaitu celebrity credibility, celebrity visibility, attraction dan power

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 11 Jan 2016 05:11
Last Modified: 11 Jan 2016 05:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16839

Actions (login required)

View Item View Item