ANALISIS MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TP. 2011/2012

0813031035, LISA NOVIANI (2013) ANALISIS MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TP. 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (2982Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (471Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Keberhasilan dalam belajar dapat dilihat dari prestasi yang diperoleh oleh peserta didik. Untuk dapat mencapai itu setiap siswa harus memilki motivasi untuk dapat meraihnya. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek balajar itu tercapai. Lingkungan belajar adalah kesatuan ruang atau kondisi yang dipergunakan oleh perubahan tingkah laku dalam diri seseorang untuk melakukan kegiatan belajar. Lingkungan belajar di sekolah mempunyai andil dalam pengaruh kegiatan belajar siswa. Di sekolah siswa berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya seperti teman, guru dan anggota sekolah lainnya. Lingkungan belajar ini merupakan penciptaan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar yang baik. Dengan adanya lingkungan yang baik, tentu akan dapat mendukung lancarnya kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VII semester ganjil SMP Negeri 2 Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah TP 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah TP 2011/2012 sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 112 orang. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji regresi linier. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VII semester ganjil SMP Negeri 2 Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah, yang ditunjukkan oleh uji statistik linier multiple diperoleh koefisien korelasi multipelnya (r) sebesar 0,483 yang termasuk dalam kategori tingkat hubungan yang kuat dengan kadar determinasi (r2) sebesar 0,233 dan berdasarkan signifikansi 0,05 dengan uji F diperoleh demikian Fhitung > Ftabel atau 12,753 > 3,952 atau dengan kata lain variabel hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi motivasi belajar dan lingkungan belajar di sekolah r sebesar 23,3% dan sisanya sebesar 76,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Ini berarti semakin baik motivasi belajar dan lingkungan belajar di sekolah, maka semakin bagus hasil belajar IPS Terpadu siswa, begitu juga sebaliknya. Kata kunci: motivasi, lingkungan belajar di sekolah dan hasil belajar IPS Terpadu

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 11 Jan 2016 05:05
Terakhir diubah: 11 Jan 2016 05:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16937

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir