PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Natar Kab. Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013) (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil SMA Negeri 1 Natar Kab. Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013)

0743024047, Septian Nurrachman (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Natar Kab. Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013) (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil SMA Negeri 1 Natar Kab. Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. MENYETUJUI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. mengesahkan.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. pernyataan.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTTO.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (388Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (457Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (557Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Hasil observasi proses pembelajaran biologi selama ini yang disampaikan kurang menarik siswa untuk berpikir karena hanya disuguhi materi tanpa melibatkan proses penemuan yang meraka lakukan sendiri, sehingga siswa kurang mengaitkan fakta yang terjadi dilapangan dengan konsep-konsep sains. Sehubungan dengan itu dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis (KBK) siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS terhadap peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis (KBK) dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok Sistem Peredaran Darah pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar Kab. Lampung Selatan. SEPTIAN NURRACHMAN iii Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA4 yang dipilih secara acak dengan teknik purposive sampling. Data kuantitatif berupa data kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok sistem peredaran darah yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji u dengan bantuan program SPSS 11 . Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis (KBK) siswa, ini terlihat pada kelas eksperimen rata-rata nilai N-gain sebesar 47,8 dan rata-rata nilai N-gain kelas kontrol sebesar 21,5. Peningkatan tertinggi yaitu pada indikator melakukan deduksi dan indikator terendah yaitu pada aspek memberikan argumen. Selain itu, rata-rata aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan sebesar 71,8. Aktivitas tersebut meliputi aktivitas bekerja sama dengan teman, mengungkapkan ide atau gagasan, dan mempresentasikan hasil diskusi. Skor tertinggi terdapat pada aspek aktivitas mempresentasikan hasil diskusi dan skor terendah terdapat pada aspek mengungkapkan pendapat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TPS meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis (KBK) siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar Kab. Lampung Selatan materi pokok Sistem Peredaran Darah. Kata kunci: TPS, Kemampuan Berpikir Kritis (KBK), Sistem Peredaran Darah.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 11 Jan 2016 05:08
Terakhir diubah: 11 Jan 2016 05:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16960

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir