PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Aryani Dwi Kesumawardani, 0853024004 (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Tidak diterbitkan)

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK .pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM .pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER LUAR.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL .pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTO.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN .pdf

Download (292Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (217Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP .pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA .pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (229Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (428Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (842Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106Kb) | Preview

Abstrak

Hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TPS dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan maateri oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretest posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIG dan VIID yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai Pretest, Posttest, dan N-gain. Hasil Pretest dan Posttest dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U ( uji-U), sedangkan nilai N-gain dianalisis menggunakan uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t). Data iii kualitatif berupa skor aktivitas belajar yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa melalui model TPS serta tanggapan siswa yang diperoleh dari angket, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dalam aspek mengemukakan pendapat/ide, bertanya, bekerjasama dalam teman, bertukar informasi dan mempresentasikan hasil diskusi yang diamati pada kelas eksperimen yakni 79,85 yang berkriteria baik dengan standar deviasi 0,49. Aspek aktivitas yang diamati tertinggi pada kelas eksperimen yaitu pada aspek mengemukakan pendapat atau ide dan mempresentasikan hasil diskusi yaitu 81,61 berkriteria baik. Sedangkan rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dalam aspek yang diamati pada kelas kontrol lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen yakni 34,25 yang berkriteria kurang dengan standar deviasi 0,46. Aspek aktivitas yang diamati untuk kelas kontrol tertinggi pada mempresentasikan hasil diskusi dengan kreteria kurang. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif TPS. Hasil penelitian pada penguasaan materi oleh siswa menunjukkan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 56 dan kelas kontrol sebesar 23. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan penguasaan materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : Model Pembelajaran TPS, Aktivitas Belajar Siswa, Penguasaan Materi, Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 7029819 . Digilib
Date Deposited: 11 Jan 2016 07:17
Terakhir diubah: 11 Jan 2016 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16968

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir