PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pagelaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013)

0853021045, Rini Musdika (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pagelaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013). Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan Skripsi Mahasiswa.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (328Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang memberi kesempatan kepada siswa dalam memahami konsep matematis melalui tahap berfikir secara individu (think), berdiskusi dengan pasangannya (pair) dan berbagi dengan seluruh kelas (share), sehingga siswa dapat lebih mudah memahami konsep matematis dari materi yang dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pagelaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 201 2/2013. Sampel diambil secara purposive sampling dan diperoleh kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan VIII 3 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan post-test control design. Data penelitian pemahaman konsep matematis siswa diperoleh melalui post-test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh rata-rata nilai pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran TPS lebih tinggi daripada rata-rata siswa dengan pembelajaran konvensional dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Pengaruh, TPS, Pemahaman Konsep Matematis

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:28
Last Modified: 14 Jan 2016 02:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16984

Actions (login required)

View Item View Item