Wagiman, DWI NOFIYANTI (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE COOPERATIVE ROUND TABLE KELAS V SD NEGERI I UNTORO LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (139Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (329Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan yang ada di SD Negeri I Untoro yaitu 1) guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi, 2) siswa kurang aktif dalam mencari sendiri materi pelajaran yang akan dipelajari serta sikap siswa terhadap soal-soal latihan cenderung mencontoh, serta 3) masih rendahnya hasil ulangan harian siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2012/2013 dimana hanya 25,93 % yang mencapai nilai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dan tiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Untuk analisis tingkat keberhasilan atau persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya berupa soal test tertulis pada setiap akhir siklus. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif dengan tujuan mengetahui aktivitas siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta kinerja guru selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Coorperative Round Table dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dilihat dari hasil observer yang semula skor aktivitas siswa 56 dengan kategori cukup pada siklus 1, meningkat menjadi 78 dengan kategori baik pada siklus 2. Begitu juga dengan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai siswa yang sebelumnya terendah 35 pada siklus 1 menjadi 60 pada siklus 2, dan hasil nilai rata-rata 57,40 pada siklus 1 meningkat menjadi 82 pada siklus 2, serta persentase siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebesar 40% menjadi 96% siswa. Dengan demikian maka metode Coorperative Round Table baik untuk digunakan sebagai metode pengajaran. Kata Kunci : Aktivitas dan prestasi belajar, metode Coorperative Round Table
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 28 May 2014 06:23 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 06:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1699 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |