PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE COOPERATIVE ROUND TABLE KELAS V SD NEGERI I UNTORO LAMPUNG TENGAH

Wagiman, DWI NOFIYANTI (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE COOPERATIVE ROUND TABLE KELAS V SD NEGERI I UNTORO LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (139Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

Permasalahan yang ada di SD Negeri I Untoro yaitu 1) guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi, 2) siswa kurang aktif dalam mencari sendiri materi pelajaran yang akan dipelajari serta sikap siswa terhadap soal-soal latihan cenderung mencontoh, serta 3) masih rendahnya hasil ulangan harian siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2012/2013 dimana hanya 25,93 % yang mencapai nilai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dan tiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Untuk analisis tingkat keberhasilan atau persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya berupa soal test tertulis pada setiap akhir siklus. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif dengan tujuan mengetahui aktivitas siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta kinerja guru selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Coorperative Round Table dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dilihat dari hasil observer yang semula skor aktivitas siswa 56 dengan kategori cukup pada siklus 1, meningkat menjadi 78 dengan kategori baik pada siklus 2. Begitu juga dengan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai siswa yang sebelumnya terendah 35 pada siklus 1 menjadi 60 pada siklus 2, dan hasil nilai rata-rata 57,40 pada siklus 1 meningkat menjadi 82 pada siklus 2, serta persentase siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebesar 40% menjadi 96% siswa. Dengan demikian maka metode Coorperative Round Table baik untuk digunakan sebagai metode pengajaran. Kata Kunci : Aktivitas dan prestasi belajar, metode Coorperative Round Table

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 06:23
Last Modified: 28 May 2014 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item