PERBEDAAN SIKAP SISWA TERHADAP LINGKUNGAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL KONTEKSTUAL DAN INKUIRI DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MARGA TIGA LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Hadi, IVAN PUTRANTO (2013) PERBEDAAN SIKAP SISWA TERHADAP LINGKUNGAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL KONTEKSTUAL DAN INKUIRI DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MARGA TIGA LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (192Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (682Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (647Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (254Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (465Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (367Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (719Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya penilaian ranah afektif dalam pembelajaran mata pelajaran IPS Terpadu, khususnya sikap siswa terhadap lingkungan sosial di SMP Negeri 2 Marga Tiga. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan upaya menyusun perangkat penilaian afektif tentang sikap siswa terhadap lingkungan sosial sebagai peniliaian ranah afektif. Sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS Terpadu, maka digunakan model pembelajaran kontekstual dan inkuiri untuk mencapai tujuan pembelajaran ranah afektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap siswa terhadap lingkungan sosial antara siswa yang diajar menggunakan model kontekstual dengan siswa yang diajar menggunakan model inkuiri dengan memperhatikan minat belajar siswa sebagai variabel moderatornya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang dipilih dengan teknik cluster random sampling yang diberikan perlakuan berbeda. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket untuk mengetahui minat belajar siswa dan lembar observasi untuk mengatahui sikap siswa terhadap lingkungan sosial. Setelah data diperoleh, kemudian dianalisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji T-test Independent dan uji Analisis Varian Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan sikap siswa terhadap lingkungan sosial dalam pembelajaran IPS Terpadu antara siswa yang diajar menggunakan model kontekstual dan siswa yang diajar menggunakan model inkuiri. Hal ini Ivan Putranto ditunjukkan pada pengujian hipotesis pertama menggunakan rumus Analisis varian dua jalan diperoleh Fhitung 5,193 > Ftabel 4,10 maka HO ditolak. (2) Sikap siswa terhadap lingkungan sosial dalam pembelajaran IPS Terpadu yang pembelajarannya menggunakan model kontekstual lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model inkuiri pada siswa yang minat belajarnya tinggi. Hal ini ditunjukkan pada pengujian hipotesis kedua menggunakan rumus T-test dua sampel independent diperolah thitung 8,816 > ttabel 4,10 maka HO ditolak. (3) Sikap siswa terhadap lingkungan sosial dalam pembelajaran IPS Terpadu yang pembelajarannya menggunakan model kontekstual lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model inkuiri pada siswa yang minat belajarnya rendah. Hal ini ditunjukkan pada pengujian hipotesis ketiga menggunakan rumus T-test dua sampel independent diperolah thitung 2,380 > ttabel 2,10 maka HO ditolak. (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada pengujian hipotesis keempat menggunakan rumus Analisis varian dua jalan diperoleh Fhitung 57,022 > Ftabel 2,10 maka HO ditolak. Kata kunci: Sikap Siswa Terhadap Lingkungan Sosial, Minat Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kontekstual dan Inkuiri.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 08 Jan 2014 06:22
Terakhir diubah: 08 Jan 2014 06:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir