, Faridawati. (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI I WAY KANDIS BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (275Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
Text
HAL. PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (262Kb) | Preview |
|
|
Text
HAL. PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (262Kb) | Preview |
|
|
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (239Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (227Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (99Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (121Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (210Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1115Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (55Kb) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2525Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas II SD N I Way Kandis, dengan menggunakan media realia sebagai salah satu alternatif membuat siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas II SDN I Way Kandis Bandar Lampung melalui penggunaan media realia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknis pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Alat pengumpulan data dengan cara observasi dan tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis kualitatif untuk aktivitas siswa dan kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media realia proses pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa siklus I (53,26%), siklus II (85%). Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra-siklus 10 siswa (27,8%), siklus I sebanyak 24 siswa (66,7%), siklus II sebanyak 32 siswa (88,89%) dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa pra-siklus (52,63), siklus I (68,81), siklus II (71.94). dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media realia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas II SDN I Way Kandis Bandar Lampung. Kata kunci : Aktivitas, hasil belajar, media realia, pelajaran IPA.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 28 May 2014 06:25 |
Last Modified: | 28 May 2014 06:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |