PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI I WAY KANDIS BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

, Faridawati. (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI I WAY KANDIS BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (275Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (262Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (262Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (239Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (227Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (210Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1115Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2525Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas II SD N I Way Kandis, dengan menggunakan media realia sebagai salah satu alternatif membuat siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas II SDN I Way Kandis Bandar Lampung melalui penggunaan media realia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknis pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Alat pengumpulan data dengan cara observasi dan tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis kualitatif untuk aktivitas siswa dan kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media realia proses pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa siklus I (53,26%), siklus II (85%). Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra-siklus 10 siswa (27,8%), siklus I sebanyak 24 siswa (66,7%), siklus II sebanyak 32 siswa (88,89%) dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa pra-siklus (52,63), siklus I (68,81), siklus II (71.94). dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media realia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas II SDN I Way Kandis Bandar Lampung. Kata kunci : Aktivitas, hasil belajar, media realia, pelajaran IPA.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 06:25
Last Modified: 28 May 2014 06:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1701

Actions (login required)

View Item View Item