ANALISIS PENDAPATAN NELAYAN TRADISIONAL PADA DAERAH KERAPATAN VEGETASI MANGROVE YANG BERBEDA DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

0714021015, Maria Ulfah (2016) ANALISIS PENDAPATAN NELAYAN TRADISIONAL PADA DAERAH KERAPATAN VEGETASI MANGROVE YANG BERBEDA DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
0714021015-abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0714021015-kesimpulan.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0714021015-pendahuluan.pdf

Download (16Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan kerapatan vegetasi mangrove di Kabupaten Lampung Selatan terhadap (1) produktivitas tenaga kerja nelayan tradisional. (2) pendapatan diatas biaya tunai yang diterima nelayan tradisional, dan (3) pendapatan diatas biaya total yang diterima nelayan tradisional. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive). Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuisioner dan wawancara langsung kepada nelayan. Data sekunder diperoleh dari berbagai literatur, media cetak dan beberapa instansi seperti BPS dan Dinas Kelautan dan Perikanan. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Desember 2010 sampai Januari 2011. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Analisis yang dilakukan meliputi pendapatan diatas biaya tunai, pendapatan diatas biaya total dan produktivitas tenaga kerja nelayan pada adaerah vegetasi mangrove rapat dan kurang rapat. 2 Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaaan produktivitas nelayan pada vegetasi mangrove rapat dan kurang rapat. Secara rata-rata, tanpa membedakan jenis alat tangkap, produktivitas tenaga kerja nelayan pada mangrove rapat lebih besar secara statistik (dengan taraf nyata 1%) sebesar Rp. 6.742 per HOK daripada mangrove kurang rapat. (2) Terdapat perbedaan pendapatan diatas biaya tunai pada vegetasi mangrove rapat dan kurang rapat. Secara rata-rata, tanpa membedakan jenis alat tangkap, pendapatan nelayan diatas biaya tunai pada mangrove rapat lebih besar secara statistik (dengan taraf nyata 1%) sebesar Rp. 474.378 per tahun daripada mangrove kurang rapat. (3) Terdapat perbedaan pendapatan diatas biaya total pada vegetasi mangrove rapat dan kurang rapat. Secara rata-rata, tanpa membedakan jenis alat tangkap, pendapatan nelayan diatas biaya total pada mangrove rapat lebih besar secara statistik (dengan taraf nyata 1%) sebesar Rp. 1.011.761 per tahun daripada mangrove kurang rapat.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:57
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 02:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17039

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir