OPTIMASI PEMANFAATAN AIR HUJAN MELALUI SIMULASI UNTUK BUDIDAYA PADI TADAH HUJAN DI KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

andi afandi, andi afandi (2016) OPTIMASI PEMANFAATAN AIR HUJAN MELALUI SIMULASI UNTUK BUDIDAYA PADI TADAH HUJAN DI KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
andi_afandi-abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
andi_afandi-kesimpulan.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
andi_afandi-pendahuluan.pdf

Download (90Kb) | Preview

Abstrak

Pemanfaatan air hujan melalui simulasi untuk mencukupi air irigasi pada budidaya padi tadah hujan dilakukan dengan menggunakan sistem pemanenan air hujan. Simulasi menggunakan data iklim harian selama 7 tahun, yaitu dari Tahun 2003 sampai dengan Tahun 2009. Data tanah yang digunakan antara lain massa jenis tanah, tekstur tanah, kapasitas lapang, dan titik layu. Pengukuran laju perkolasi di lahan menggunakan lisimeter. Koefisien tanaman ditentukan dengan melakukan percobaan di dalam pot dengan mengukur kehilangan air dan berat pada pot setiap hari. Kesetimbangan air di lahan terdiri dari curah hujan, evapotranspirasi, perkolasi, limpasan, dan irigasi. Kesetimbangan air di kolam terdiri dari curah hujan, evaporasi, limpasan dari lahan, irigasi dan limpasan dari kolam. Pengolahan data menggunakan software VisSim (visual simulation). Skenario yang digunakan adalah penjadwalan musim tanam, pengaturan ukuran luas kolam optimum, dan pengaturan tinggi galengan. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan sistem pemanenan air hujan dapat mencukupi air irigasi untuk budidaya padi tadah hujan. Musim tanam yang paling baik yaitu pada bulan tanam Januari. Jika tinggi galengan yang digunakan 50 mm, maka ukuran luas optimum kolam adalah 620 m 2 . Semakin tinggi galengan, walaupun kekurangan air irigasi pada lahan rendah, maka kondisi ini mengakibatkan padi terancam tergenang lebih lama.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:59
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 02:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17055

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir