UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN IPS DIKELAS VII.2 SMP NEGERI 2 KALIANDA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012.

1013073011, MELATI UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN IPS DIKELAS VII.2 SMP NEGERI 2 KALIANDA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (3873b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (303Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (248Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (347Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (351Kb)
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kegitan belajar sehari-hari ditemukannya adanya kebiasaan belajar siswa yang kurang baik. Kebiasaan belajar tersebut antara lain : siswa kurang semangat dan menyia-nyiakan kesempatan belajar, siswa kurang berminat dalammembaca dan ada beberapa siswa yang bersekolah hanya untuk bergaya. Kebiasaan buruk tersebut dapat merugikan dirinya sendiri, untuk sebagian kebiasaan belajar tersebut disebabkan oleh ketidak mengertian siswa pada arti belajar bagi dirinya sendiri. Pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial selama ini juga masih teacher Centered. Kondisi demikian tentu membuat proses pembelajaran hanya didominasi guru, kondisi demikian pada akhirnya membawa dampak kepada suasana belajar yang tidak menyenangkan bagi siswa. Siswa merasa bosan pada materi yang diberikan untuk guru, siswa menjadi malas sehingga aktivitas belajar kurang optimal. Dengan diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat memberikan pengalaman bagi siswa agar dapat benar-benar memahami materi yang diberikan karena siswa benar-benar mengalami proses belajar melalui tahapan pembelajaran Think Pair Share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan : 1. Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS). 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS Terpadu siswa setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada pelajaran IPS di kelas VII.2 SMP Negeri 2 Kalianda Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara membagi kelompok berdasarkan kemampuan akademik apabila siswa sudah memahami konsep, maka pemahaman siswa tentang materi sudah dikuasai sehingga siswa tidak mengalami kesulitan saat dievaluasi. Siklus 1 pertemuan pertama sebanyak 20 siswa dengan presentase 62,5 dan siswa aktif. Pertemuan II sebanyak 18 siswa dengan presentase 56,25 tetapi dilihat rata-rata belum sesuai. Rata-rata aktif belajar siswa siklus 1 sebesar 59,37 siswa yang tuntas pada uji siklus 1 12 siswa dari 32 siswa dengan prosentase 37,5 dan belum tuntas 20 siswa dengan presentase 62,5 belum memperoleh hasil sehingga siklus 2 siswa yang aktif pertama 22 siswa dengan presentase 68,75 pertemuan ke 2 dari 24 siswa dengan presentase 75. Siklus 2 sudah mendekati indikator siswa yang tuntas pada siklus 2 dari 32 siswa dengan prsentse 68,75 siswa yang belum tuntas 10 siswa denga presentase 31,25 sedangkan nilai rata-rata kelas sebesar 68,94 untukmendapatkan hasil yang lebih optimal dilanjutkan siklus ke III. Pertemuan ke I 25 siswa dengan presentase 78,12 pertemuan ke II 29 siswa dengan presentase 90,62 hasil rata-rata aktivitas siswa. Siklus III sebesar 84,12 halini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) siswa yang tuntas pada uji siklus III sebanyak 29 siswa dari 32 siswa dengan presentase 90,62 siswa yang belum tuntas 3 siswa dengan presentase 9,3 sedangkan nilai rata-rata kelas sebesar 66,25 hasil belajar yang diperoleh sudah sesuai dengan yang diharapkan sehingga penelitian dicukupkan pada siklus III.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: TIK . 6
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:32
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 02:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17082

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir