0713053008, Ashari Pranowo PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS IV B SEKOLAH DASAR NEGERI 5 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (226Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (379Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER2.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3788b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV B SD Negeri 5 Metro Barat. Hasil pengamatan menunjukkan siswa enggan memperhatikan pelajaran, aktivitas pembelajaran lebih didominasi oleh guru, serta hanya 7 (27%) dari 26 siswa yang tuntas berdasarkan KKM. Penggunaan strategi belajar problem solving, merupakan salah satu alternatif mengatasinya, karena siswa diajarkan berpikir logis dan strategik serta dihadapkan dengan permasalahan bersifat kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 5 Metro Barat melalui strategi problem solving pada materi bilangan pecahan. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui proses pengkajian berdaur, terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) plan, (2) action, (3) observation, dan (4) reflective. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan lembar evaluasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes kemudian diolah menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan, aktivitas siswa siklus I (52%), siklus II (63%), dan siklus III (69,5%), sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (66,96), siklus II (69,06), dan siklus III (74,67). Kesimpulannya yaitu strategi problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV B SD Negeri 5 Metro Barat tahun pelajaran 2010/2011. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, strategi problem solving
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 03:03 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 03:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17084 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |