0713053049, Ristiana (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATEMATIKA KELAS IV SDN LABUHAN RATU IX TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
BAB I.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (162Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (782Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
C0VER.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
C0VER2.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (114Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN Labuhan Ratu IX. Hasil belajar dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 55. Sehingga penulis menggunakan strategi belajar kelompok (Cooperative Learning), karena diyakini mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas serta meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang difokuskan pada situasi kelas. Penelitian ini berlangsung dengan tiga siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Penulis menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD yaitu pembelajaran yang menempatkan peserta didik dalam kelompok belajar beranggotakan empat atau lima orang yang merupakan campuran akademik yang berbeda, sehingga dalam setiap kelompok terdapat peserta didik yang berprestasi tinggi, sedang dan rendah, serta variasi jenis kelamin dan suku. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, melalui strategi Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN Labuhan Ratu IX. Aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I adalah 52.70%, siklus II 67.83%, dan pada siklus III 84.43%. Begitu pula dengan hasil belajar matematika meningkat pada tiap siklusnya, rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 50.25, siklus II sebesar 63.75 sedangkan pada siklus III sebesar 66.00. Penggunaan strategi Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: aktivitas, hasil, matematika, Cooperative Learning tipe STAD.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 03:03 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 03:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17121 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |